Sejarah DotA – Part 1

Sejarah DotA – Part 1

Defense of the Ancients 2, biasa disingkat menjadi DotA2, adalah salah satu game bergenre multiplayer online battle arena (MOBA) paling populer saat ini. Statistik Steam saat ini menyebutkan bahwa DotA2 dimainkan oleh lebih dari 10 juta pemain dalam 2 minggu terakhir ini, menunjukan bahwa DotA 2 tidak hanya memiliki player base yang besar tetapi juga sangat aktif.

DotA 2 Player Statistics

DotA 2 Player Statistics

DotA berawal dari custom scenario pada yang dibuat oleh seseorang dengan nick Eul pada tahun 2003. Custom scenario ini dibuat dengan menggunakan World Editor di game Warcraft III: Reign of Chaos. Scenario ini mengambil basis dari custom map bernama Aeon of Strife yang dibuat pada game StarCraft. Setelah kemunculan expansion pack Warcraft III: The Frozen Throne, Eul tidak mengupdate DotAnya ke versi ini namun, proses update DotA ini tetap dilanjutkan oleh beberapa modder lain. Banyak sekali modder yang membuat varian dari DotA ini, salah satu varian yang paling populer adalah DotA Allstars.

Dota Allstars Loading Screen

Dota Allstars Loading Screen

DotA Allstars pada awalnya dikembangkan oleh dua orang modder dengan nick Meian dan Ragn0r, mereka berdua menambahkan banyak hero dan item populer dari game Warcraft III ke DotA Allstars.
Pada Maret 2004, pengembangan DotA Allstars diambil alih oleh modder bernama Guinsoo selama kurang lebih 1 tahun. Di Februari 2005 terjadi lagi perubahan tim pengembang DotA Allstars, Guinsoo memutuskan berhenti dari dunia map-making Warcraft III, anggota tim akhirnya menyisakan Neichus dan IceFrog. Tak lama kemudian Neichus pun memutuskan keluar sehingga menyisakan IceFrog sebagai pengembang DotA Allstars.

Pada masa IceFrog ini, popularitas DotA Allstars berkembang sangat pesat. IceFrog, dibantu oleh Mescon membuat official forum untuk para penggemar DotA Allstars. Melalui forum ini para pecinta DotA bisa menyampaikan ide dan gagasannya untuk versi update DotA Allstars selanjutnya. Di masa ini pula DotA banyak dikenal dan mulai dipertandingkan sebagai olahraga elektronik kompetitif. Pada Mei 2009, IceFrog mengumumkan bahwa ia akan membuat situs resmi baru bernama playdota.com demi perkembangan DotA ke depannya, dan dota-allstars.com dipegang oleh Mescon sebelum akhirnya ditutup pada 22 Juli 2010.

Oktober 2009, melalui blognya, secara mengejutkan IceFrog mengumumkan posisi barunya di Valve dalam project baru yang berhubungan dengan masa depan DotA. Pada saat itu belum diketahui projek apa yang dimaksud oleh IceFrog, sampai pada Oktober 2010 Valve secara resmi mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan Dota 2.

Dota 2 Steam

Dota 2 Steam

… bersambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *