[Tips] Persiapan Sebelum Bermain Competitive CS:GO

[Tips] Persiapan Sebelum Bermain Competitive CS:GO

Hampir semua dari kalian pasti sudah pernah memainkan CS:GO. Game fenomenal ini berhasil menempati posisi kedua di most played games on Steam, tepat dibelakang Dota 2. Tidak seperti game FPS kebanyakan, game ini menuntut aiming yang benar-benar bagus, karena setiap weaponnya memiliki spray pattern yang berbeda-beda. Bahkan bisa dibilang CS:GO merupakan salah satu game dengan spray pattern paling absurd. Di post kali ini, Running20 akan membahas bagaimana kalian bisa melakukan persiapan secara maksimal dan efektif sebelum mulai bermain competitive CS:GO.

Sebelum kita mulai, coba deh lihat spray pattern serta recoil compensation dari AK-47 dibawah.

Contoh Spray Pattern pada AK-47

Contoh Recoil Compensation pada AK-47

Tuh lihat deh, pusing kan pelurunya bisa mental jauh dari crosshair kamu. Memang akan butuh waktu untuk bisa menjinakkan AK-47, dan salah satu caranya adalah sering-sering latihan. Ingat, practice makes perfect!

Untuk melakukan practice yang baik, tentu kalian akan membutuhkan persiapan yang baik, untuk itu Running20 telah merangkum beberapa point yang dapat kalian ikuti dalam melakukan persiapan yang baik sebelum bermain competitive CS:GO.

1. Have a positive mood

(credit: keterok/deviantart)

Hal yang pertama kali harus kamu persiapkan sebelum melakukan sesuatu adalah, mood kamu! Kalau mood kamu rusak, mending nggak usah main CS:GO deh, yang ada malah kamu merusak permainan kamu dan bahkan permainan tim kamu sendiri. Kalau mood lagi jelek, kamu nggak akan bisa mengambil keputusan dengan baik karena otakmu nggak bisa berpikir jernih. Efeknya? Kamu akan jadi beban di tim kamu, terus keluarlah flaming-flaming kasar khas server SE Asia di CS:GO. Terus kamu emosi gara-gara dibacotin, dan berujung di rage quit. Alhasil, kamu dapat competitive-cooldown sebagai penalty gara-gara rage quit.

Hal ini senada dengan riset yang dilakukan oleh Software Advice. Setelah melakukan survey yang diikuti oleh kurang lebih 1500 orang dewasa yang telah bekerja, mereka berhasil membuktikan bahwa ketika mereka dihadapkan dengan emosi yang negatif, baik dari diri sendiri ataupun teman kerjanya, hal itu akan berdampak negatif pada mood dan produktivitasnya. Nggak fair kan kalo misalkan tim kamu kalah cuma gara-gara kamu yang gak bener mainnya dikarenakan mood kamu yang juga lagi gak bener?

 

2. Play your favorite music!

Sebelum kamu bermain, nggak ada salahnya kalau kamu memutar musik favoritmu selagi kamu bermain. Volume nya nggak usah full, cukup 10%-25% agar musiknya tidak bertabrakan dengan sound effect in-game, khususnya step musuh. Kalau sampai kamu nggak denger step musuh gara-gara volume musikmu terlalu keras, kamu nggak akan bisa membaca pergerakan musuh dengan suara. Hal ini fatal banget loh untuk game seperti CS:GO.

Setting audio in-game yang dapat kamu gunakan agar kamu dapat mendengarkan musikmu dengan maksimal. (klik untuk memperbesar).

Selain itu, pada tahun 2010 Peter Tze – Ming Chou melakukan sebuah studi yang membahas tentang pengaruh musik dalam konsentrasi mahasiswa di Taiwan yang kemudian hasilnya dipublikasikan dalam Journal of the Scholarship of Teaching and Learning. Hasil studinya? Pemilihan tipe musik berbeda akan berpengaruh pada konsentrasi mahasiswa. Mahasiswa yang mendengarkan musik hip-hop cenderung memiliki konsentrasi dan pemahaman lebih baik pada saat membaca dibanding musik klasik ringan atau bahkan dengan yang tanpa musik. Karena pemilihan akan sangat vital, maka disini hanya kamu lah yang bisa memilih musik yang tepat dan nyaman untuk dirimu sendiri. Tapi jangan khawatir, Running20 telah memberikan beberapa link musik yang dapat kalian dengarkan ketika bermain.

 

3. Do some Deathmatch games

Memang, setelah kamu mendapatkan match di CS:GO, kamu akan diberikan waktu sekitar 5 menit (maksimal waktu 5 menit, ketika semua player telah terkoneksi dengan server, maka waktu akan langsung di set ke 1 menit) untuk melakukan pemanansan/warming-up. Tapi itu terlalu singkat! Dan tentu kamu butuh waktu lebih banyak dari itu untuk melakukan pemanasan. Karena itu, kalian butuh warm-up yang lebih, dan cara yang paling simpel adalah memainkan mode Deathmatch.

CS:GO Deathmatch Mode (credit: Riddlar95/youtube)

Bermain mode Deathmatch sebelum memulai competitive session mu merupakan cara yang paling simpel dan efektif untuk melakukan warm-up. 1 Deathmatch game tidaklah cukup untuk pemanasan, kamu butuh setidaknya 2-3 Deathmatch (bahkan lebih) untuk membuatmu benar-benar siap untuk bermain Competitive-mode. Biasanya kalau penulis sendiri memainkan 4 Deathmatch games sebelum bermain Competitive-mode. Kalau di breakdown, biasanya :

  • Deathmatch ke-1 : Pistols (USP-S/Five-SeveN kalau CT, Glock-18/Tec-9 kalau T)
  • Deathmatch ke-2 : Rifle ,CT : M4A4
  • Deathmatch ke-3 : Rifle, T : AK-47
  • Deathmatch ke-4 : Sniper Rifle : AWP

 

Ready to war? (credit: pcgamesn)

Setelah melakukan ketiga point diatas, kamu akan lebih siap dan rileks ketika menghadapi peperangan sesungguhnya dalam Competitive-mode. Kamu boleh terus memainkan musikmu, asalkan tidak mengganggu jalannya match. Dan yang paling penting, seperti kata Arteezy, salah satu pro-Dota yang sekarang bermain untuk Team Secret, have a Positive Mental Attitude!

(header img credit : BobFetusTV/reddit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *