free page hit counter

Tutorial Overclocking Monitor

Tutorial Overclocking Monitor

Taukah Kamu kalau monitor PC bisa juga di overclock seperti layaknya CPU, GPU & RAM?

Pada sebuah monitor LED/LCD, panelnya secara aktif melakukan beberapa kali pembaruan gambar setiap detiknya, hal inilah yang disebut sebagai refresh rate pada sebuah monitor. Refresh rate ini dinyatakan dalam satuan frekuensi hertz (hz). Monitor dengan refresh rate 60hz akan sanggup melakukan 60 kali pembaruan gambar dalam setiap detiknya, begitupun dengan monitor 144hz akan sanggup melakukan 144 kali pembaruan gambar setiap detiknya. Jadi monitor dengan refresh rate lebih tinggi umumnya dikatakan lebih baik daripada monitor dengan refresh rate rendah. Hal ini akan berdampak pada tangkapan gambar di mata Kamu, refresh rate semakin tinggi akan terlihat lebih mulus daripada refresh rate yang rendah.

Refresh rate ini beragam tergantung spek monitor masing-masing, ada yg 75hz, 90hz, 120hz, 144hz dan yang paling umum beredar adalah monitor LCD/LED dengan refresh rate 60hz.

Overclocking monitor yang akan ditunjukan disini bertujuan untuk menaikan refresh rate tersebut, jadi kalau misalkan sebuah monitor punya spek bawaan pabrik 60hz, dengan overclocking dimungkinkan untuk memiliki refresh rate lebih kencang misalnya 90hz.

Tools yang akan digunakan kali ini adalah :
Tool untuk Overclocking : https://www.monitortests.com/forum/Thread-Custom-Resolution-Utility-CRU
Tool untuk Testing Refresh Rate : https://testufo.com/frameskipping

Sebelum berlanjut, perlu diingat bahwa overclocking ini bertujuan mendapatkan performa refresh rate diluar rekomendasi dari pabrikan, jadi segala resiko akibat dari overclocking ini menjadi tanggung jawab pribadi masing-masing.

Untuk cara overclocking lebih jelasnya ditunjukan di video berikut ini : https://youtu.be/q6Cch-M3y6E

Untuk panduan dan tutorial lainnya, pantau terus halaman Tutorial – Running20.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *