free page hit counter
Epic Games Fortnite

Epic Games, sebuah studio games yang menaungi game Fortnite dan Gears of Wars sekaligus pengembang dari Unreal Engine dan juga pemilik dari Epic Games Store, diketahui memiliki nilai valuasi yang fantastis, sebesar kurang lebih $18 billion US Dollar atau dibaca delapan belas milyar dollar Amerika Serikat!

Epic Games

$18 billion US Dollar ini nol nya ada sembilan ya, $18.000.000.000. Kalau dikalikan dengan kurs rupiah saat ini, di sekitar Rp 14.500,00/$ maka nilainya kurang lebih menjadi 261 triliun rupiah. Dengan duit sebanyak itu Kamu bisa beli mobil Avanza tipe tertinggi saat ini sebanyak lebih dari 1 juta unit, wow! Lumayan yah kalau dijadiin ojol, hehehe.

Nilai ini diketahui setelah pada pekan lalu, situs VentureBeat melaporkan bahwa Sony baru saja berinvestasi sebesar $250 juta dollar Amerika Serikat untuk kepemilikan “hanya” sebesar 1,4% di Epic Games. Dari informasi ini bisa kita cari valuasinya, kurang lebih senilai $18 milyar.

Nilai ini meningkat pesat, pada tahun 2012 Epic Games diketahui hanya bernilai $1 milyar dollar Amerika Serikat, berarti terjadi lonjakan kurang lebih 18x lipat hanya dalam waktu 8 tahun, luar biasa!

Kalau misalnya saja Kamu investasi di tahun 2012 sebesar Rp 10 juta rupiah, ya senilai sebuah 1 motor baru, maka di tahun ini nilainya udah berlipat ganda menjadi, Rp 180 juta, seharga LCGC baru masih dapet kembalian pula.

Pihak Epic memang menolak berkomentar langsung terkait hal ini, berbeda dengan CEO Sony yang langsung berkomentar, seperti dikutip dari situs Web24 News.

“Thanks to our investment, we will explore the possibilities of collaborating with Epic to delight and bring value to consumers and the industry in general,” Kenichiro Yoshida, CEO of Sony

https://www.web24.news/u/2020/07/epic-games-fortnite-worth-18-billion-thanks-to-sony-strategic-investment.html

Selain dimiliki oleh Sony, saat ini Epic Games juga dimiliki oleh perusahaan konglomerasi ternama asal Tiongkok yang memiliki banyak portofolio di dunia game, Tencent.

Diketahui pada tahun 2012 Tencent juga berinvestasi sebanyak $330 juta dollar Amerika Serikat. Dengan nilai yang tidak terlampau berbeda dengan Sony, Tencent lebih beruntung karena berani berinvestasi lebih awal dan mendapatkan porsi kepemilikan sebesar 40%.

Besar sekali ya nilainya.
Ini salah satu pertanda bahwa industri game bukan lagi dianggap sebelah mata.

Perputaran uang yang ada di industri games saat ini nilainya jauh lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya.
Hal ini mungkin kita bahas di lain artikel ya, makanya jangan lupa pantau terus halaman Info – Running20.com untuk update seputar informasi dunia games.

Sebagai penutup, seandainya nih, Kamu jadi salah satu pemilik Epic Games seperti Sony dan Tencent, game apa yang akan Kamu wujudkan?