free page hit counter
Death Stranding

Halo pembaca setia Running20. Pada artikel kali ini saya mau mengulas game Death Stranding yang memang sudah fenomenal sejak pertama kali rilis.

Setelah sebelumnya Death Stranding hanya rilis eksklusif pada platform PS4. Kini tepat pada tanggal 14 kemarin, Death Stranding akhirnya resmi rilis pada platform PC.

Layaknya karya Hideo Kojima lainnya seperti seri Metal Gear Solid, Kojima sendiri memang suka membuat karya yang unik dan berbeda dari game lain pada umumnya.

Sejauh saya memainkan Death Stranding, hal yang menjadi fokus utama pada game ini adalah alur cerita yang rumit tapi sangat kuat.

Alur Cerita

Masuk kedalam alur cerita, dimana pada awal sampai sepertiga bagian cerita. Saya mulai merasa kebingungan, banyak hal yang menjadi pertanyaan. Namun setelah melewati awal bagian cerita tersebut, secara perlahan semua yang menjadi pertanyaan mulai terjawab.

Tentunya sebuah cerita yang kompleks tak terlepas dari yang namanya karakter ketika membawakan narasi dan dialog yang sangat sempurna. Setiap percakapan benar-benar terasa masuk kedalam diri saya.

Terlebih setiap karakter membawakan emosi yang sangat kuat, dimana setiap cutscene selalu menjadi pusat utama pada setiap pembawaan karakternya.

Setiap capture juga sangat sempurna sehingga pemain bisa melihat setiap gestur original dari semua aktor tersebut. Hal ini terasa seperti menonton film terbaik dengan cerita yang sangat kuat.

Mekanik Gameplay

Masuk kedalam mekanik gameplay yang disajikan, entah hal unik apa yang menjadi inspirasi Kojima pada game ini. Pada game ini tugas utama karakter sebagai kurir juga bukan tanpa alasan, melainkan tak sekedar mengantar barang biasa.

Pada game ini juga pemain harus benar-benar memperhitungkan barang yang dibawa, medan yang akan pemain lewati perlu diperhitungkan juga. Berbagai alat bantu sampai hal kecil lainnya seperti sepatu juga perlu diperhitungkan dengan matang.

Karena sedikit saja salah perhitungan, pemain akan mengalami kesulitan yang luar biasa untuk mengirim barang ke tempat yang dituju.

Apalagi efisensi dan efektifitas ketika mengirim barang sangat berpangaruh dengan catatan pengiriman, seperti kecepatan pengiriman sampai kondisi barang yang dibawa.

Ada banyak sekali hal yang menunjang pada karakter untuk melakukan pengiriman, itu semua bisa disesuaikan dengan gaya cara bermain kalian sendiri.

Hal yang paling membuat saya sedikit kewalahan selain medan yang dilalui, yaitu ketika adanya cuaca ekstrim yang tak terduga. Terlebih adanya makhluk-makhluk aneh yang terkadang mengganggu jalannya pengiriman.

Walaupun begitu hal ini membuat pemain lebih tertantang ketika memainkan game ini, sekaligus menguji tingkatan adrenalin. Apakah bisa menangani dan melewati hal tersebut atau tidak, saya dibuat berdecak kagum pada hal yang dituangkan pada game ini selain pada alur ceritanya.

Grafis Yang Mengagumkan!

Bicara soal grafis, saya rasa tak perlu terlalu panjang lebar untuk menjelaskan grafis pada game ini.

Grafis pada game ini benar-benar sempurna, terlebih dengan beberapa landscape pegunungan dan hamparan rumput yang terbentang begitu cantik, membuat saya santai sejenak untuk menikmatinya.

Fitur Online Yang Tak Biasa!

Fitur online pada game ini juga terbilang unik dimana kalian tak bertemu satu sama lain.

Tetapi kalian akan menemukan bekas alat bantu ataupun senjata yang tersebar pada map tersebut yang telah dilewati oleh pemain lain. Hal ini akan memudahkan pemain untuk melewati berbagai medan ataupun melawan musuh.

Maka dari itu dianjurkan memainkan game ini dalam keadaan online, karena pemain bisa melihat ataupun mengakses infrastruktur dari para player lain.

Menurut saya pribadi, ini cara terbaik untuk memudahkan jalannya permainan karena lebih terasa adil dan aman.

Kesimpulan Death Stranding!

Jadi secara keseluruhan game ini benar-benar bisa membawa pemain masuk kedalam dunia game ini dan merasakan semua apa yang ada pada game ini. Mulai dari jalan cerita, mekanik gameplay, sampai grafis dan musik yang disajikan pada game ini.

Death Stranding sebuah game dengan konsep yang sangat unik dan berbeda dari game pada umumnya, namun game ini tidak diperuntukkan untuk semua kalangan.

Death Stranding tak cocok untuk kalian yang tak suka dengan game yang menawarkan sebuah cerita yang lambat dan padat.

Hal ini juga berlaku untuk kalian yang suka game dengan banyak aksi yang seenaknya.

Seperti game pada umumnya, bahasa Inggris adalah bahasa umum yang digunakan. Kalian sangat perlu untuk memahami dialog dan alur cerita agar dapat mendapatkan “vibe” dari game ini.

Setiap percakapan merupakan tambahan dari plot, semuanya penting dan perlu diperhatikan dengan saksama.

Jadi itu dia review dari saya untuk game Death Stranding, skor yang saya berikan kepada game ini adalah 8.5/10.

Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian ingin mencoba game ini? Berikan tanggapan kalian di kolom komentar dan jangan lupa pantau terus berita terkini seputar dunia game di Running20.com.